Apa itu tes kepribadian MBTI?

Myers-Birggs Type Indicator (MBTI) adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. MBTI didasari pada jenis dan preferensi kepribadian dari Carl Gustav Jung, yang menulis Psychological Types pada tahun 1921 MBTI dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers pada sejak 1940. Psikotes ini dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang. Tes ini juga dipakai untuk mengetahui karakter kepribadian karyawan perusahaan agar dapat ditempatkan pada bidang-bidang yang membuat potensi karyawan tersebut optimal.

Dalam Tes MBTI ini, ada 4 dimensi kecenderungan sifat dasar manusia:
1. Dimensi pemusatan perhatian: Introvert (I) vs. Extrovert (E)
2. Dimensi memahami informasi dari luar : Sensing (S) vs. Intuition (N)
3. Dimensi menarik kesimpulan & keputusan : Thinking (T) vs. Feeling (F)
4. Dimensi pola hidup : Judging (J) vs. Perceiving (P)

16 Kepribadian MBTI

Bersifat hangat, berempati, pendengar yang baik, dan bertanggung jawab. Mampu menyesuaikan diri dengan emosi, kebutuhan, dan motivasi orang lain. Mereka melihat potensi pada setiap orang, dan ingin membantu mereka untuk mengoptimalkan potensi mereka. Dapat bertindak sebagai pendorong untuk pertumbuhan individu dan kelompok. Loyal, mau mendengarkan pujian ataupun kritik. Suka bergaul, memfasilitasi orang lain dalam kelompok mereka, dan menghadirkan kepemimpinan yang bersemangat.

Sosok hangat yang memiliki antusiasme dan imajinatif. Melihat kehidupan sebagai sesuatu yang penuh peluang. Mampu memahami hubungan antara kejadian dan informasi dengan sangat mudah, dan percaya diri melakukan sesuatu berdasarkan pola yang mereka lihat. Menginginkan banyak pengakuan dari orang lain, dan siap memberikan apresiasi dan dukungan. Spontan dan fleksibel, seringkali mengandalkan kemampuan mereka dalam berimprovisasi dan bertutur kata.

Berterus terang, menentukan, siap memikul kepemimpinan. Dengan mudah melihat prosedur atau kebijakan yang tidak efisien dan tidak logis, mampu mengembangkan dan mengimplementasikan sistem yang luas untuk menyelesaikan masalah-masalah organisasi. Menyukai rencana jangka panjang, dan penetapan tujuan. Biasanya berpengetahuan luas, pembaca yang baik, senang mengembangkan pengetahuan mereka dan menyampaikannya kepada orang lain. Terkadang memaksa dalam menyajikan ide-ide mereka.

Cepat, berbakat, pendorong, siaga, dan blak-blakan. Sanggup memecahkan masalah yang menantang. Dapat menganalisis kemungkinan secara strategis. Jenuh dengan rutinitas, tidak tertarik melakukan hal yang sama berulang-ulang; selalu mencoba hal yang menarik minatnya. Good at reading other people.

Bersahabat, bersungguh-sungguh, dan dapat bekerja sama. Menginginkan keharmonisan dalam lingkungan mereka. Bekerja dengan kebulatan tekad. Senang bekerja dengan orang lain, menyelesaikan tugas-tugas dengan teliti, dan tepat waktu. Loyal, melaksanakan tugas hingga hal-hal kecil sekalipun. Memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan orang lain dalam keseharian mereka dan mencoba untuk memenuhi itu semua. Ingin dihargai untuk segala kontribusi mereka.

Ramah, bersahabat, dan menerima. Sosok yang mencintai kehidupan, orang, dan kenyamanan materi. Senang bekerja dengan orang lain dalam menyelesaikan sesuatu. Menggunakan akal sehat dan pendekatan realistis dalam pekerjaan, dan menjadikan pekerjaan sebagai sebuah kesenangan. Fleksibel dan spontan, beradaptasi dengan mudah ke orang-orang dan lingkungan baru . Cara belajar terbaik mereka adalah dengan mencoba keterampilan baru bersama orang lain.

Praktis, realistis, berpegang pada fakta. Tegas, dengan cepat mengimplementasikan keputusan. Untuk menyelesaikan sesuatu mereka mampu mengatur pekerjaan, dan orang lain, terfokus untuk mendapatkan hasil dengan cara yang memungkinkan dan paling efisien. Selalu menjaga detail rutinitas. Memiliki standar logika yang jelas, yang secara sistematis menuntun mereka, dan mereka ingin orang-orang lain juga menggunakan standar logika itu. Terkadang memaksa agar rencana mereka dapat terimplementasikan.

Fleksibel dan toleran, mereka mengambil pendekatan praktis yang berfokus pada hasil yang langsung. Teori dan penjelasan konseptual membosankan mereka, mereka biasanya bertindak energik untuk memecahkan masalah. Berfokus pada dimana mereka saat ini, dan sekarang, bersifat spontan, menikmati saat-saat dimana mereka bisa aktif berinteraksi dengan orang lain. Menikmati kenyamanan material dan gaya. Mereka merupakan pembelajar yang sangat baik. 

Mencari makna dan hubungan antara ide-ide, sosial, dan pekerjaan. Selalu ingin memahami pola pikir orang lain, dan belajar tentang apa yang memotivasi seseorang dalam kehidupan. Bersungguh-sungguh dan berkomitmen dengan apa yang mereka kerjakan. Memiliki misi yang jelas tentang bagaimana cara terbaik untuk melayani kepentingan umum. Terorganisir dan tegas dalam melaksanakan visi mereka.

Idealis, setia kepada prinsip yang mereka pegang serta orang-orang yang penting bagi mereka. Ingin kehidupan yang selaras dengan prinsip yang mereka yakini. Memiliki keinginntahuan yang tinggi; mudah untuk melihat kemungkinan; stimulator untuk memulai mewujudkan ide-ide. Berusaha untuk memahami orang lain, dan membantu mereka untuk mengoptimalkan potensi mereka. Mudah beradaptasi, fleksibel, dan mudah menerima, kecuali jika itu bertentangan dengan prinsip-prinsip mereka.

Memiliki pemikiran yang orisinil dan motivasi yang kuat untuk menerapkan ide-ide mereka hingga mencapai tujuan. Cepat melihat pola dalam peristiwa yang terjadi disekitar mereka, dan mampu menyusun perspektif jangka panjang yang jelas. Bila hendak melakukan sesuatu, ia akan mengorganisir lalu segera melaksanakannya. Sering kali bersifat skeptis namun mandiri, memiliki standar kompetensi dan kinerja yang tinggi untuk diri mereka sendiri maupun orang lain.

Berusaha membangun penjelasan yang masuk akal untuk segala sesuatu yang menarik bagi mereka. Teoritis dan abstrak, lebih tertarik pada ide-ide daripada interaksi sosial. Tenang, cerdas, fleksibel, dan mudah beradaptasi. Memiliki kemampuan yang tidak biasa untuk fokus dan mendalami pemecahan masalah pada bidang yang menjadi minat mereka. Skeptis, terkadang kritis, dan selalu analitis.

Tenang, ramah, bertanggung jawab, dan teliti. Berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam memenuhi kewajibannya. Cermat, telaten, dan akurat. Loyal, baik hati, perhatian dan selalu mengingat secara spesifik tentang orang-orang yang penting bagi mereka, peduli dengan perasaan orang lain. Berupaya untuk menciptakan lingkungan yang tertib dan harmonis di tempat kerja maupun di rumah.

Tenang, ramah, sensitif, dan baik hati. Menikmati apa yang sedang terjadi saat ini dan apa yang terjadi di sekitar mereka. Ingin memiliki ruang mereka sendiri dan bekerja dalam rentang waktu mereka sendiri. Loyal dan berkomitmen untuk prinsip yang mereka pegang serta pada orang-orang yang penting bagi mereka. Tidak menyukai perselisihan dan konflik, tidak memaksakan pendapat atau prinsip mereka pada orang lain.

Tenang, serius, meraih kesuksesannya dengan ketelitian dan kehandalannya dalam bekerja. Praktis, orientasi pada fakta, realita, dan bertanggung jawab. Memutuskan apa yang harus dilakukan dengan logis, dan bekerja dengan tekun pada satu hal, tanpa mempedulikan gangguan. Mereka merasa senang dengan segala sesuatu yang tertib dan teratur pada pekerjaan mereka, rumah mereka, dan kehidupan mereka. Memegang nilai-nilai tradisi dan loyal.

Bersikap toleran dan fleksibel, pengamat yang tenang sampai masalah muncul, kemudian bertindak cepat untuk menemukan solusi yang terbaik. Menganalisis apa yang membuat sesuatu bekerja, dan mampu dengan segera menemukan berbagai data untuk mengisolasi inti dari masalah. Tertarik dengan sebab dan akibat, mengolah fakta menggunakan prinsip yang masuk akal, dan efisien.